Sabtu, 10 Mei 2014

 

craft from cirebon
















KERAJINAN TOPENG KHAS CIREBON
Topeng adalah kerajinan khas Cirebon berupa ukiran kayu berbentuk wajah manusia dengan karakter tertentu.Bagi masyarakat Cirebon selain sebagai alat bantu tari topeng juga memiliki makna filosofis yang sangat mendalam ,merupakan symbol dari karakter-karakter manusia pada umumnya yang berisi pesan-pesan kehidupan yang arif dan bijak.
Topeng mempunyai ikatan historis yang kuat dengan masyarakat Cirebon sehingga dapat dikatakan bajwa topeng merupakan salah satu jejak sejarah kota Cirebon baik itu dalam konteks sosial budaya ,agama maupun sejarah perjuangan kota Cirebon.
KERAJINAN LUKISAN KACA
Lazimnya ,suatu lukisan dituangkan dalam media kertas,akan tetapi di tangan seniman-seniman Cirebonhal tersebut bukanlah suatu batas untuk menuangkan ekspresi seninya.
Dengan tehnik yang tinggi dan kaya akan gradasi warna serta serta sarat nuansa dekoratif,para seniman Cirebon mampu menghasilkan suatu hasil karya seni yang bernilai tinggi berupa lukisan kaca yang indah dan bercita rasa Cirebon.
Bagi anda pecinta seni kaligrafi Islam khususnya lukisan kaca kaligrafi bernilai tinggi tidak salah kiranya anda memilih kota Cirebon sebagai kota tujuan.Dikota ini banyak terdapat seniman-seniman lukisan kaca kaligrafi khas Cirebon yang akan memperindah tampilan ruangan dan menambah koleksi lukisan kaligrafi anda.
BATIK CIREBON
Kerajinan batik tulis Cirebon adalah salah satu dari begitu banyak potensi kekayaan budaya seni yang dimiliki kota Cirebon yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini.
Seni membatik adalah suatu kesenian yang membutuhkan ketelitian ,kesabaran dan konsentrasi yang tinggi.Selain itu dalam proses pembuatanya membutuhkan penyatuan hati dan pikiran agar batik yang dihasilkan mempunyai kandungan nilai dan mutu yang tinggi.
Warna dan corak batik Cirebon yang khas dan berkelas mejadikan batik Cirebon merupakan salah satu cinderamata yang paling diburu oleh wisatawan domestic maupun mancanegara yang bekunjung di Cirebon.Motif yang paling digemari oleh wisatawan adalah MEGA MENDUNG dan WADASAN.
KERAJINAN ROTAN
Artistik,unik dan akslusif serta fungsional adalah kesan yang akan didapat saat pertamakali kita melihat kerajinan rotan ,Kayu rotan yang memiliki tekstur kayu yang unik ,disulap oleh seniman Cirebonmenjadi suatu kerajinan yang bermuatan nilai seni yang tinggi dan berkualitas Internasional –ekspor.
Dalam perkembangannya para seniman Cirebon melakukan suatu terobosan besar dengan mengkombinasikan rotan dengan serat pisang dan eceng gondok menjadi suatu karya yang orisinil dan bernilai tinggi

 KERAJINAN KACA DEKORASI
Bagi anda pemerhati dan pecinta dunia tata ruang –dekorasi khususnya kerajinan kaca dekorasi,kota Cirebon merupakan tujuan yang tepat untuk anda ,Di kota Cirebon banyak terdapat pengrajin0pengrajin handal yang bergelut di bidang kaca dekorasi.
Kerajinan kaca dekorasi merupakan kerajinan yang berbahan baku kaca yang dikenal dengan kaca patri ,kaca grafier,etsa dan pasta akan menambah karakter ruangan ,rumah maupun kantor anda menjadi lebih artistic dan elegan.





KERAJINAN RELIEF LOGAM
Kerajinan relief logam merupakan produk khas yang dihasilkan oleh seniman-seniman Cirebon. Berbagai pilihan bentuk relief dan ukuran akan mempercantik tampilan dekorasi ruangan anda,Diantara bentuk relief yang paling banyak digemari oleh para wisatawan domestic dan mancanegara adalah relief hewan (ikan Arwana dan naga)dan pemandangan alam.





SIRUP TJAMPOLAY
 Cirebon yang terkenal memiliki kekhasan dan kesegaran di setiap pilihan rasanya ,keunggulan sirup tjampolay dengan sirup lainnya adalah selain memiliki rasa yang menarik jsirup tjampolay juga tidak menggunakan pemanis buatan yang di rekomedasikan oleh dokter untuk membantu proses pengobatan penyakit liver.
Sirup tjampolay sangat mudah ditemukan hamper disetiap pusat perbelanjaan dan toko-toko yan menyediakan oleh-oleh khas Cirebon.
Rasa sirup tjampolay yang sangat digemari adalah rasa pisang susu dan rasa mocca.

IKAN ASIN DAN TERASI
Sebagai kota yang memiliki potensi kekayaan bahari yang melimpah ,Cirebon yang dikenal memiliki produk-produk bahari yang komplit dan menarik ,ikan asin dan terasi adalah contoh home industry yang paling banyak digemari masyarakat Cirebon.
Ikan asin Cirebon dikenal memiliki rasa asin yang legit dan enak,cocok sekali untuk dihidangkan tunggal,maupun dikombinasikan dengan hidangan-hidangan lainnya.
Terasi merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari tehnik pengolahan udang yang dimiliki masyarakat Cirebon.Terasi adalah bumbu rahasia dari kelezatan yang dimiliki masakan-masakan khas Cirebondengan tehnik pengolahan yang sudah turun temurun dan teruji menjadikan tersi dan ikan asin sebagai produk home industry yang paling bayak di buru oleh para wisatawan.


Label:


Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]